MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DI KELAS IX-7 SMP NEGERI 3 BERASTAGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar bahasa Indonesia siswa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write di kelas IX-7 SMP Negeri 3 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-7 SMP Negeri 3 Berastagi dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Pembelajaran Think Talk Write (TTW), merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan membutuhkan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata. Hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa Pada Siklus I sebesar 67,1 dan Pada Siklus II sebesar 81,2 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas.
Kata Kunci ; Model Think Talk Write (TTW), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2173
Article Metrics
Abstract view : 484 timesPDF - 270 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Ngarab Sembiring
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.