IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK BIOLOGI SISWA DI KELAS X MIA-1 SMAN 1 PERCUT SEI TUAN T.A.2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X MIA-1 yang berjumlah 39 siswa. 1) Peningkatan hasil belajar psikomotorik siswa dari siklus I ke siklus II yaitu mengidentifikasi maksud pembicaraan 33% menjadi 70%, menggunakan tata bahasa yang tepat 30% menjadi 74%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti dari 34% menjadi 66%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat dari 35% menjadi 73%, intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan dari 35% menjadi 75%. 2) Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa, yaitu pada Siklus I rata-rata nilai tes 73 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 69,2% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 81 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 89,6%. 3)Peningkatan hasil belajar afektif pada siklus I ke siklus II adalah kejujuran 35% menjadi 64%, disiplin 33% menjadi 71%, tanggung jawab 32% menjadi 75%, ketelitian 32% menjadi 64%, kerjasama 34% menjadi 69%.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2853
Article Metrics
Abstract view : 208 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Riama Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.