PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIIIG pada bidang studi IPA dengan diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIIIG. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Tutor Sebaya yang dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Uji pretes ketuntasan klasikal 0% dengan rata-rata nilai 48,3 meningkat menjadi 40% siswa tuntas secara klasikal dan rata-rata nilai 67,7 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,5% siswa lulus secara klasikal dengan rata-rata nilai 87,4.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, Siswa
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2857
Article Metrics
Abstract view : 223 timesPDF - 407 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Rentha Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.