PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Rentha Naibaho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIIIG pada bidang studi IPA dengan diterapkannya model pembelajaran Tutor Sebaya di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIIIG. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Tutor Sebaya yang dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Uji pretes ketuntasan klasikal 0% dengan rata-rata nilai 48,3 meningkat menjadi 40% siswa tuntas secara klasikal dan rata-rata nilai 67,7 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,5% siswa lulus secara klasikal dengan rata-rata nilai 87,4.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Aktivitas Belajar, Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v4i2.2857

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Rentha Naibaho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.