PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAPADIA BERBASIS NEARPOD SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA DI NEGERIKU KELAS IV DI SDN PETUNGASRI III PANDAAN KABUPATEN PASURUAN
Abstract
Abstrak : Pengembangan Media Pembelajaran Gapadia Berbasis Nearpod Subtema Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku Kelas IV di SDN Petungasri III Pandaan Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod, sehingga dapat membantu proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Petungasri III Pandaan sejumlah 19 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan : pedoman wawancara, lembar validasi, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis pengembangan media pembelajaran Gapadia. Kevalidan medi pembelajaran 87%, kepraktisan dalam pembelajaran memperoleh 87,5%, keefektifan berdasarkan angket respon siswa sebesar 88%, keefektifan media pembelajaran Gapadia pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan thitung > ttabel yaitu sebesar 12,334 > 2,093dan keefektifan relatif sebesar 52%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian bahwa media pembelajaran Gapadia berbasis Nearpod ini valid, efektif, dan praktis untuk dikembangkan.
Kata kunci : Pengembangan, Media Gapadia Berbasis Nearpod, Subtema Indahnya Keragaman Budaya di Negeriku.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jh.v13i2.36626
Article Metrics
Abstract view : 146 timesPDF - 161 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Putri Suryaning Laras
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.