ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM SDN 4 MAKARTI JAYA
Abstract
Kemampuan literasi numerasi siswa kelas V tegolong rendah, sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit, sehingga membuat kemampuan literasi numerasi perlu diperbaiki.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V, dan upaya sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana peneliti menggunakan analisis data observasi, wawancara, tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas V tergolong baik, dilihat dari banyaknya 9 siswa yang memperoleh nilai baik dengan persentase sebesar 54 %, dan upaya yang dilakukan sekolah masih perlu ditingkatkan lagi dengan cara mengadakan kegiatan bulanan literasi numerasi melibatkan para guru atau pendidik untuk bisa berkonstribusi upaya meningkatkan jumlah dan ragam sumber belajar yang bermutu seperti menyediakan buku-buku berkaitan dengan numerasi baik fiksi maupun nonfiksi serta dapat memperluas askes terhadap sumber belajar seperti mengembangkan sarana penujang dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Sekolah dan guru dapat menfasilitasi kebutuhan yang diperlukan oleh siswa masing-masing sesuai kebutuhan melalui pendekatan atau penerapan secara menyeluruh di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, S. R. (2021). Pembelajaran Berorientasi AKM. Jakarta: Bumi Aksara.
Abidin, Y. D. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Abubakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA- Press.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
AZIZAH, S. N. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (Studi Penelitian Kualitatif pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kemantran 01 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022) (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
GLN. (2017). Materi pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Han, W., Dicky, S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hardani, A. N. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitaif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.
Irawan, D., Yanto, M., & Putri, R. Y. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 51 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya Pada Pelajaran. Pusat Asesmen Dan Pelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan. Jakarta :Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan persepsi calon guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). 172-174. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568
Pahleviannur, M. A. (2022). Metodologi Penelitian Kualitaif. Grup Penerbitan CV: Pradina Pusaka Grup.
Prabowo, H. (2018). Pentingnya Peranan Kurikulum Merdeka Dalam Pendidikan.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis kemampuan literasi matematik dan mathematical habits of mind siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Numeracy, 5(1), 67-76. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/318
Pusmenjar, K. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum.
Rachmawati, D. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sd Islam Darul Huda Genuk Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Resti, Y., Zulkarnain, Z., Astuti, A., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pelatihan dalam bentuk tes untuk asesmen kompetensi minimum bagi guru sdit auladi sebrang ulu ii palembang. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 670-673.
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.
Rohmatilah, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V Dalam Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Di SD Negeri 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2021/2022.
Selegi. F.S., Dewi N.P., Aryaningrum, K., & Kuswidyanarko, A. (2023). Strategi Pembelajaran. CV. Azka Pustaka.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantiatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tantri, V., Jayanti, J., & Selegi, S. F. (2022). ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV PADA MATERI OPERASI HITUNGAN CAMPURAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TULUNG SELAPAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 7(1), 1-10. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.37057
Wahyuningsih, S. (2021). Persiapan Asesmen Kompettensi Minimum. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jendral PAUD, Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Menengah.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh model problem based learning berbantuan software Cabri 3D V2 terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687-1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.52551
Article Metrics
Abstract view : 169 timesPDF - 225 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rini Nurverawati, Yasir Arafat, Susanti Faipri Selegi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.