ANALISIS PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJRAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Sigit Oditya, Sukardi Sukardi, Murjainah Murjainah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari penilaian autentik ini pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru sudah mulai menerapkan penilaian autentik walaupun masih mengalami beberapa kesulitan pada penerapannya seperti adaptasi guru terhadap kurikulum merdeka belajar dan pembelajaran IPAS yang baru muncul pada kurikulum ini namun hal tersebut bisa diatasi oleh guru, hal ini dibuktikan pada saat observasi guru menggunakan salah satu jenis penilaian autentik dan pada saat wawancara guru menyebutkan bahwa penilaian autentik pada kurikulum merdeka bisa diterapkan secara optimal pada pembelajaran IPAS walaupun awalnya masih kesusahan namun hal tersebut juga memudahkan guru untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. Berdasarkan hasil dari analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar dapat dikatakan berjalan dengan baik. Penelitian ini perlu dikembangkan oleh peneliti selanjutnya pada mata pelajaran yang lain selain IPAS seperti Bahasa Indonesia, PPKN supaya bisa ditemukan inovasi dan keterbaruan yang berkaitan dengan penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar.

Keywords


Penilaian Autentik; Kurikulum Merdeka; IPAS

Full Text:

PDF

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis evaluasi program kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5302

Hasanah, N., Sembiring, M., Afni, K., Dina, R., & Wirevenska, I. (2022). Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 235-238. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/ruang-cendekia/article/view/339

Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1-9.

Indriyani, N., Hanifah, R., & Fitria, Y. (2023). Penilaian Autentik Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 28-48. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/6930

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194.

Lubis, F. S., & Sujarwo, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran IPA Kelas V SDN 101938 Adolina. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(1), 101-109. https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/150

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dam Instrumen Penelitian.

Muslihun, M. (2022). Implementasi Penilaian Autentik Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Muhammadiyah Nangkod Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, UIN saifuddin zuhri).

Pratiwi, M. M., Arafat, Y., & Murjainah, M. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Di SD Negeri 122 Palembang. Journal on Education, 6(1), 7951-7796. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4032

Sadat, F. A., Maryati, D. S., Maesyaroh, A., Nashifah, I., Arifin, I., & Maulani, R. (2022). Penilaian dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 2(1), 45-51. https://www.jurnal.unisa.ac.id/index.php/atsar/article/view/322

Sani, R. A. (2022). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputra, D. N., Kholil, A., Selegi, S. F., Setia, A., Sinaga, K., & Farisi, A. (2021). Landasan Pendidikan. Media Sains Indonesia.

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif asesmen autentik sebagai alat evaluasi dalam merdeka belajar. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53-61. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Sukardi, S., & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 6(2), 114-117. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5256

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.54935

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sigit Oditya, Sukardi Sukardi, Murjainah Murjainah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.