PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPAS DAERAHKU KEBANGGAANKU DI KELAS KELAS V SD NEGERI 104607 SEI ROTAN

Ulina Rahmayani, Irsan Rangkuti

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : kelayakan, kepraktisan serta keefektifan video animasi menggunakan powtoon pada mata pelajaran IPAS Daerahku Kebanggaanku Topik A dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Nilai persentase dari aspek materi yang diberikan oleh validator adalah 89% dengan kategori kelayakan “SANGAT LAYAK”. Nilai persentase dari aspek soal yang diberikan oleh validator adalah 88% dengan kategori kelayakan “SANGAT LAYAK”. Nilai persentase dari aspek media yang diberikan oleh validator adalah 96% dengan kriteria kelayakan “ SANGAT LAYAK”. Nilai persentase dari aspek kepraktisan yang diberikan oleh validator adalah 92% dengan kriteria kelayakan “SANGAT PRAKTIS”. Dari hasil perbandingan rata-rata pre-test dan post-test, ditemukan bahwa terdapat nilai 84%  dengan kriteria kepraktisan “ SANGAT EFEKTIF”.

Keywords


Media; Powtoon; Mata Pelajaran IPAS

Full Text:

PDF

References


Andriati, Y., Susanti, L. R., & Hudaidah, H. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. CRIKSETRA: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1). https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/criksetra/article/view/4802

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Karo-Karo, D., Rangkuti, I., Wardhani, P. P. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 1 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2019/2020. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 10(3), 146-157. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i3.22977

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013. (2014). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.58248

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulina Rahmayani, Irsan Rangkuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.