PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Rizki Maulida, Riska Fadhilah Hutasuhut, Sriadhi Sriadhi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode plomp. Tujuan pada penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Media pembelajaran yang dikembangkan ini akan dilihat keefektifannya dalam meningkatkan aktivtas belajar siswa, efektifitas aktivitas belajar siswa dilihat dengan membandingkan antara kelas kontol yang diberikan media pembelajaran yang umum dilakukan didalam kelas, sedangkan kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan dengan media pembelajaran berbasis multimedia. Melihat efektifitas media pembelajaran ini menggunakan uji N gain.hasil dari penelitan ini diperoleh Hasil aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia adalah 44 dan setelah menggunakan rancangan media pembelajaran berbasis multimedia Nilai siswa 75.

Keywords


Media Pembelajaran; Multimedia; Interaktif

Full Text:

PDF

References


Aidar, A., Maya, M. A., & Juliana, R. (2022). Dry Lab: media untuk meningkatkan minat belajar IPA. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(2), 112-125. https://doi.org/10.32505/azkiya.v7i2.4407

Astuti, I. A. D., Nursetyo, K. I., Hanafi, I., & Susanto, T. T. D. (2023). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA: Study Literature Review. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 5(1), 34-43. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/1859

Isa, V., Meha, A. M., & Manggoa, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Kelas Viii Smp Negeri Mandala Raimanuk Tahun Ajaran 2018/2019. Indigenous Biologi: Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, 3(2), 83-91. https://doi.org/10.33323/indigenous.v3i2.62

Islami, I., & Dafit, F. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas V SDN 83 Pekanbaru. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1049-1059. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1338

Junaidi, S. (2023). Penerapan Virtual Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kota Langsa Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 229-240. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/6949

Maharani, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif.

Najiyah, R. R., & Rofi’ah, S. (2023). The LKPD Design with the CIRC Type Cooperative Learning Model at MI Al Huda Banyuarang. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 8(2), 156-168. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/6827

Nurjanah, A. N., & Fauzi, W. N. A. (2020). Asesmen Hasil Belajar Berbasis Teknologi. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 73-89. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/2138

Oemar, H. (2007). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Prayogo, M. S., & Irma, M. F. L. (2022). Efektivitas penggunaan media audio visual di SDN Wonosari 01 Kabupaten Bondowoso. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(2), 156-163. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/azkiya/article/view/5244

Prianggita, V. A., & Meliyawati, M. (2022). Peran media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 147-154. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.147-154.2022

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Alegesindo.

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i1.1929




DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v15i1.59397

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rizki Maulida, Riska Fadhilah Hutasuhut, Sriadhi Sriadhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.