Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe MM dan TGT dengan bantuan Powerpoint
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chonstantia. A, L. (2013). Penerapan model pembelajaran make a match dan diskus kelompok untk meningkatkan motivasi berprestasi, rasa ingin tahu dan prestasi belajar pada materi hidrokarbon di kelas x SMAN 2 Boyolali tahun ajaran 2011/2012.Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3) Tahun 2013.
Dahria, M & Ismawardi, S. (2009).Manfaat PowerPoint Dalam Presentasi Makalah, Jurnal Saintikom Vol 6 No 1 Tahun 2009.
Dash, J. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dengan Media Microsoft Office PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Dora. (2013).Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Kartu Positif dan Kartu Negatif Pada Pembelajaran Matematika, Artikel Penelitian, PGSD Universitas TanjungPura Pontianak.
Ekawati, E. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament Yang Dilengkapin Dengan Media PowerPoint Dan Destinasi Terhadap Prestasi Belajar, Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2 No 1 Tahun 2013.
Fadliana, H. N. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Metode PBL Dilengkapin Dengan Macromedia Flash Dan LKS Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jaten Karanganyer Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2 No.3 Tahun 2013.
Hamalik, O. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta
Istarani., (2012), 58 model pembelajaran inovatif, Media Persada, Medan.
Justiana, S.,dan Muchtaridi. (2007).Kimia SMA/MA Kelas XI, Yudhistira, Jakarta.
Mentari, M.U. (2014).Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Model Pembelajaran TPS (Think Pare Share).,Skripsi, FMIPA, Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Mufidah, L. (2014).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo Vol 1 No 1 Tahun 2013.
Mursid. (2013).Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi Suatu Pendekatan Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produk pada Pendidikan Teknik Mesin, UNIMED PRESS, Medan
Ngalimun.(2014).Strategi dan Model Pembelajaran, Aswaja Pressindo,Banjarmasin.
Nurseto, T., (2011), Membuat Media Pembelajaran yang Menarik, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan8: 20-22.
Nopiyanti, T. (2013). Penerapan Model Pembelajara Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Kimia Dan Kreativitas Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X SMA N 3 Sukaharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2 No 4 Tahun 2013.
Prihantoro, D. (2013) Studi Komparasi Pembelajaran Make a Match Dan Teams Games Tournament Menggunakan Media Scramble Game Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol 3 No 3 Tahun 2014
Purba, M., (2007), Kimia untuk SMA Kelas XI Semester 2, Erlangga, Jakarta.
Putri, I.P. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran TGT Dilengkapin Kartu Destinasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Materi Minyak Bumi Kelas X SMA Negeri GindangRejo Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia Vol 2 No 4 Tahun 2013.
Rusman.(2011).Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Sanjaya, W. (2012).Media Komunikasi Pembelajaran, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Silitonga, P. M. (2011).Metodologi Penelitian Pendidikan, FMIPA Universitas Negeri Medan, Medan.
Silitonga, P. M. (2011).Statistik Teori dan Aplikasi Dalam Penelitian, FMIPA Universitas Negeri Medan, Medan.
Sudarmo, U. (2013).Kimia untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013, Erlangga, Jakarta.
Sugiharti, G.(2013).Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar Kimia, Universitas Negeri Medan, Medan.
Suparno.(2012).Dinamika Partikel Koloid, UNY Press, Yogyakarta
Syadiyah, H. (2013).Kacaunya Pendidikan Di Indonesia, Artikel, FIP Universitas Negeri Semarang
Tanjung, F. (2013).Strategi Belajar Mengajar, UNIMED PRESS, Medan
Trianto. (2011).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Kencana Perdana Media Group, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i1.12505
Article Metrics
Abstract view : 419 timesPDF - 440 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974