Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbasis PCK Terhadap Hasil Belajar Kimia dan Aktivitas Siswa

Mawaddah Rahmi, Destria Roza

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh inkuiri terbimbing berbasis pedagogical content knowledge (PCK) terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI MAN 1 Stabat pada materi koloid. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbasis PCK dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postest adalah 84,5. Sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol adalah 70,5. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung= 5,470 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Penilaian aktivitas siswa pada kelas eksperimen mendapat rata-rata sebesar 71,481dan kelas kontrol 62,962. Hasil uji t dua pihak diperoleh thitung= 3,101 dan ttabel = 1,645, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis PCK terhadap hasil belajar kimia dan aktivitas siswa pada materi koloid kelas XI MAN 1 Stabat.


Keywords


Inkuiri terbimbing, pedagogical content knowledge (pck), hasil belajar, aktivitas siswa dan sistem koloid

Full Text:

PDF

References


Andriani, N., (2011), Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahaya dikelas VIII SMPN 2 Muara Padang, Prossiding Simposium Inovasi Pembelajaran dan Sains 2011, Bandung.

Bloom, B.S., (1976), Human Characteristic School Learning, Me Grow Hill Book Company, New York.

Bon-Robinson, J., (2005), Identifying pedagogical content knowledge (PCK) in the chemistry laboratory, Chemistry Education Research and Practice, 6 (2): 83-103.

Burton, E., (2000), The Compact City just for compact? A Peliminary Analysis,Studies 37 1969-2001, Urban.

Cahyana, U., Sukandar, D., Rahmat, (2004), Kimia, Piranti, Jakarta.

Costa, A.L., (1985), Developing Minds A Resource Book ForTeaching Thinking, ASCD, Virginia.

Djamarah, (1995), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Ennis, R.H, Weir, E., (1985),The Ennis-Weir Critical Thinking Essay Test-Test Manual-Criteria-Scoring Sheet and Instrumen For Teaching and Testing,Midwest Publications, USA.

Hanson, M. D., (2006), Instructor’s Guided to Process Oriented Guided Inquiry Learning, Stony Brook University ,New York.

Hamalik, O., (2010), Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,PT.Bumi Aksara Cetakan ke-7, Jakarta.

Hilgard, E. R., Bowner, G. H., (1975), Theories of Learning Englewood Cliffs, Prantice Hall, New York.

Johari,J.M.C, Rachmawati.,(2006),KimiaSMAKelasXI IPA, Erlangga,Jakarta.

Johnson, Johnson, S., (1991), The Internal Dynamis of Cooperative Learning, Plenum Pers, New York and London.

Kartomo, A.I., (2012), Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKS Siswa kelas V Semester II Di SD Negeri Condiroto Tahun 2011/2012, Jurnal FKIP, UKSW, Salatiga Jawa Tengah

Keenan, C. W., (1984), Kimia untuk Universitas, Erlangga, Jakarta.

Mulhall, P., Amanda, B., John, L., (2003) Frameworks for representing science teachers' pedagogical content knowledge. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching. 4 (2): 1-10.

Pratiwi, L., Sarwi, Handayani, L., (2012), Efektifitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI, UNNES Science Education Journal 1(2): 86-95.

Quitadamo, I. J., Kurtz, M.J., Faiola, C.L., (2008), Community Based Inquiry Improved Critical Thinking in General Education Biologi, CBE Life Sciense Edu,(7)327-337.

Rachmawati, S., Imam, M., dan Umar, H.M.S., (2014), Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso, Jurnal Edukasi UNEJ, 1(1): 10-14.

Rahmadhani, Y., Adi, R., Widi, P., (2016), Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi, 6.17-24.

Riyanto, A. I. dan Muslim, S., (2014), Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, 3(2): 37- 46.

Sagala, S., (2005), Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sardiman.,(2005), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali Pers, Jakarta.

Sanjaya, W., (2007), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Sayekti, I. C., Sarwanto, Suparmi, (2012), Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa, Jurnal Inkuiri 1(2) : 142-153.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Slavin, R. E., (2005), Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Nusa Media, Bandung.

Shulman, L. S., (1986), Those who understand: Knowledge growth in teaching, Educational Researcher. 15(2): 4-14.

Sudjana, N., (2005), Penilaian Hasil Belajar Mengajar, PT Remaja Rosdkarya, Bandung.

Supardi, (2013), Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya, Rajawali Pers, Jakarta.

Surya, H., (2013), Cara Belajar Orang Genius, PT Elex Medis Komputindo, Jakarta.

Suyanti, R. D., (2010), Strategi Pembelajaran Kimia, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Silitonga, P.M., (2011), Metodologi Penelitian Pendidikan, Penerbit Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan.

Silitonga, P.M., (2011), Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian, Penerbit Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan.

Yunianti, E. D., W., Haryono, (2012), Pembelajaran Kimia Menggunakan Inkuiri Terbimbing dengan Media Modul dan E-Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Berpikir Abstrak, Jurnal Inkuiri 1(2): 112-120.




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v1i1.12532

Article Metrics

Abstract view : 347 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974

slot gacor slot