Pembelajaran PBL Menggunakan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Spiritual

Aisah Harahap, Ayi Darmana

Abstract


In the administration of education in Indonesia, it is usually only oriented towards the goal of making students into knowledgeable people, especially cognitive knowledge, while the spiritual value of students does not get the attention of educators. So that researchers are interested in conducting this research which aims to determine differences in student learning outcomes taught with integrated teaching materials of spiritual values and SMA/MA textbooks, differences in students' spiritual attitudes before and after being taught with teaching materials integrated spiritual values and the relationship between learning outcomes with attitudes spiritual students. Sampling using the Random Sampling technique. The instruments used were test and questionnaire instruments. Data analysis in the form of Independent Sample T-Test, Paired Sample T-Test and Correlation using IBM SPSS Statistics 22 for Windows. From the results of the study it can be concluded that there are differences in student learning outcomes taught by using integrated spiritual values teaching materials and SMA/MA textbooks, there are differences in students' spiritual attitudes before and after being taught with teaching materials integrated spiritual values and there is a relationship between learning outcomes and spiritual attitudes of students

Keywords


Learning Outcomes of Chemistry, Islamic Values, Teaching Materials

Full Text:

PDF

References


A’ini, Q., (2014), Analisis Permasalahan Guru dalam Mengimplementasikan Kompetensi Spiritual setelah Diterapkan Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Matematika, Naskah Publikasi, Surakarta.

Amir, T., (2009), Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Darmana, A., (2012), Internalisasi Nilai Tauhid dalam Pembelajaran Sains, Jurnal Pendidikan Islam, 27(1): 66-84

Darmana, A., (2013), Internalisasi Nilai –Nilai Agama Islam dalam Pembelajaran Kimia Di SMA Plus Al Azhar Medan Sumatera Utara, Makalah pada Seminar Nasional IPA IV UNNES, Semarang.

Darmana, A., (2014), Internalisasi Nilai Tauhid pada Pembelajaran Kimia untuk Menigkatkan Kemampuan Siswa SMA dalam Memahami Nilai-Nilai Agama dan Kimia, Disertasi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Darmana, A., dan Batubara, M., (2016), Kelayakan Bahan Ajar Kimia-Tauhid Berdasarkan Kriteria Badan Standart Nasional Pendidikan (BNSP) dan Respon Siswa, Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Medan.

Darmana, A., dkk, (2013), Pandangan Siswa terhadap Internalisasi Nilai Tauhid Melalui Materi Termokimia, Prosiding Semirata FMIPA UNILA, Lampung.

Darmana, A., dkk, (2014), Pandangan Siswa terhadap Internalisasi Nilai Tauhid melalui Materi Kimia serta Perlunya dalam Pelajaran IPA, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(2): 87-97.

Damanik, M. F., (2018), Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Modul Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami pada Pokok Bahasan Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Medan, Skripsi, Universitas Negeri Medan, Medan.

Darmansyah, (2014), Teknik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar 08 Gurau Gdang Nanggalo, Jurnal Al Ta’lim, 21(2): 10-17.

Djudin, T., (2011), Menyisipkan Nilai-Nilai Agama dalam Pembelajaran Sains: Upaya Alternatif Memagari Aqidah Siswa, Jurnal Khatulistiwa, 1(2): 151-160.

Fitriana, F., Mahmud dan Darmana, A., (2016), Pengembangan dan Standarisasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Spiritual untuk Kelas XI SMA/MA Semester 1 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1): 12-18.

Hamalik, O., (2007), Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Handayani, H., (2018), Implementasi Bahan Ajar Kimia Hidrokarbon dan Minyak Bumi Terintegrasi Nilai Agama untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Nilai Spiritual Siswa, Tesis, Universitas Negeri Medan, Medan.

Jumini, S., dan Wahyudi, (2015), Konsep Vektor dan Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual di dalamnya, Jurnal PPKM, 1:1-10.

Lestari, I., (2013), Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, Akademia, Padang.

Marsonet, M., (2012), Science and Religion as Conceptual Schemes, Academicus, 5: 17-25.

Noor, M. F., (2018), Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar Kimia Berbasis Nilai-Nilai Spiritual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Reaksi Redoks, Skripsi, Universitas Negeri Medan, Medan.

Nurdiansyah dan Fahyuni, E. F., (2016), Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013, Nizamia Learning Center, Sidoarjo.

Pemerintah Republik Indonesia, (2003), Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Presiden Republik Indonesia, Jakarta.

Prastowo, A., (2011), Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif, DIVA Press, Yogyakarta.

Oksamarisa, H., Darmana, A., dan Suyanti, R. D., (2016), Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2): 130-135.

Putriany, (2008), Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai-Nilai Islami pada Pokok Bahasan Hidrokarbon dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Aceh Tenggara, Skripsi, Universitas Negeri Medan, Medan.

Saputro, A.N.C., (2011), Pengintegrasi Nilai-Nilai Religius dalam Buku Pelajaran Kimia sebagai Metode Alternatif Membentuk Karakter Insan Mulia Pada Siswa, Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi, FMIPA FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Syah, M., (2008), Psikologi Pendidikan, PT Remaja Roesda Karya, Bandung.

Trianto, (2010), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana, Jakarta.

Zega, I. S., dan Darmana, A., (2019), Implementasi Bahan Ajar Hidrolisis Garam Terintegrasi Nilai-Nilai Islami dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Minat Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 1(2): 15-24.




DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v2i2.19393

Article Metrics

Abstract view : 674 times
PDF - 483 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CONTACT US

Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science 
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995