Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan LKS pendekatan saintifik yang utamanya membahas tentang reaksi yang memenuhi kriteria, ketepatan bahasa, penempatan, dan sesuai menurut BSNP, menentukan respons LKS berbasis pendekatan saintifik terhadap laju reaksi dan untuk mengetahui hasil. siswa yang menggunakan LKS di SMA lebih tinggi dari KKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swata Prayatna Medan tahun ajaran 2020/2021. Sampel ditentukan secara purposive sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan: 1) LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan reaksi yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, dengan pengolahan data yang diperoleh: sesuai = 3,70, menurut bahasa = 3,56, sesuai = 3,67, dan sesuai grafik = 3 ,75 dengan Kriteria valid dan tidak perlu direvisi; 2) Hasil angket respon siswa terhadap LKS berdasarkan pendekatan saintifik pada materi laju reaksi diperoleh rata-rata 90,41%. 3) Hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan Laju reaksi lebih tinggi daripada KKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Septina, N., Faradina., Komaruddin. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(2): 160-171.
Supardi, U. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi. Formatif : Jurnal Formatif, 2 (2): 111-121.
Sa’adah, K., & Suyono. (2020). Learning Of Reaction Rates With Nested Curricular Arrangement Which Combined With Connected Curricular Arrangement To Improve Critical Thinking Skills Of The Students. Journal Of Chemistry Education Research, 4(1) : 1-7.
Oktaviani, C., Nurmaliah, C., & Mahidin. (2019). Upaya Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Melalui Implementasi PBL. Jurnal Serambi Ilmu, 20 (2): 202-217.
Rostika, D. & Prihantini. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik dan Implikasi Dalam Penerapan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1): 86-94.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidik. Jakarta: Prenadamedia Group.
Retnosari, G., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3): 97 – 108.
Sundari, R. (2017). Penggunaan LKS Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Larutan Asan dan Basa. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 8(2): 140-152.
Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santika, N., Kadaritna, N., & Fadiawati, N. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 3(3): 1-14.
Rohaeti, E., LFX, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1): 1-11.
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik : Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Amri, S. (2016). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sannah, N. I., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan LKS Dengan Model Discovery Learning Pada Materi Teori Atom Bohr. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia (JPPK), 4(1): 184-196.
DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v3i2.28179
Article Metrics
Abstract view : 331 timesPDF - 312 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
CONTACT US
Chemistry Education Study Program
Chemistry Laboratory Bldg 19
Faculty of Mathematics and Natural Science
Universitas Negeri Medan
Jalan Willem Iskandar, Psr V Medan Estate, Medan Indonesia (20222)
Email: Jinovpkim@unimed.ac.id
Telp/WA: 082274239349; 081221555995; 081263935974