PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 0102 SIBUHUAN

Penulis

  • Dinda Dinda Rezki Amalia
  • Risma Sitohang
  • Wildansyah Lubis
  • Husna Parluhutan Tambunan
  • Putra Afriadi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching yang digunakan pada kelas IV SDN 0102 Sibuhuan terhadap Antusiasme belajar siswa terhadap pendidikan Pancasila. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik, seluruh peserta didik kelas IV sebanyak 54 siswa untuk sampel penelitian dengan menggunakan metode probability sampling. Sebanyak 25 pernyataan dimasukkan ke dalam kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data, yang kemudian dievaluasi menggunakan metode quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegairahan belajar siswa di SDN 0102 Sibuhuan dipengaruhi secara signifikan oleh penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching. Uji normalitas data dilakukan setelah data yang terkumpul diperiksa dengan menggunakan metode Uji homogenitas data. Selanjutnya uji t dengan tingkat signifikansi 0,05 dan tingkat kepercayaan 5% akan digunakan untuk mengevaluasi hipotesis. Rata-rata posttest motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 86,15 > 83,30 lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan temuan hasil belajar tersebut, disarankan bagi guru untuk menggunkan metode pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran agar dapat meningkatkan antusias belajar siswa.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Rezki Amalia, D. D., Sitohang, R., Lubis, W., Tambunan, H. P., & Afriadi, P. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 0102 SIBUHUAN. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(4). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/60272

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama