PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA ERA DIGITAL PADA KELAS V DI SDN 101773 KOLAM KEC. PERCUT SEI TUAN

Gita Pramasari, Risma Sitohang, Nurmayani ., Sorta Simanjuntak, Faisal .

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pola asuh orang tua yang berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa di era digital, dimana orang tua merupakan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa era digital pada kelas V SDN 101773 Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian sebab akibat. Subjek penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas V SDN 101773 Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini berbentuk skala likert. Validitas instrumen menggunakan teknik analisisi koefisien korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas butir dari instrumen pola asuh orang tua sebesar 0,88 dan instrumen kedisiplinan belajar siswa sebesar 0,80.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswan dari SDN 101773 Kolam Kecamatan Percut Sei Tuan Dari hasil analisis uji normalitas data penelitian apabila Lhitung<Ltabel (α= 0,05) maka data penelitian dikatakan normal. Variabel memiliki nilai korelasi antara x dan y adalah 0,606. Termasuk dalam kategori kuat. Nilai koefisien determinasi  0,367 atau 36,7 % yang berarti bahwa x dapat menjelaskan y sebesar 36,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Nilai signifikansi 0,0002< alpha=0,05 sehingga dapat disimpulkan  bahwa adanya pengaruh yang signifikan antar variabel x dan y.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.