PENGARUH METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV T.A 2023/2024

Anugrah Putri Ayu Sikumbang, Apiek Gandamana, Nurmayani ., Waliyul Maulana Siregar, Khairul Usman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SDN 060877 Medan T.A 2023/2024.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 060877 Medan T.A 2023/2024 yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas IV-A SDN 060877 Medan yang berjumlah 24 orang dan kelas IV-B SDN 060877 Medan yang berjumlah 24 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipoteisis yaitu uji t. Rata-rata nilai tes hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 060877 Medan adalah 68,75 dan nilai dari setiap siswa meningkat dari soal pre-test ke soal post-test di kelas IV-A SD Negeri 060877 Medan. Uji Independent Sample Test memperoleh hasil bahwa Ha diterima dan H0 ditolak karena nilai signifikansi (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yakni 0,014 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh metode eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SD Negeri 060877 Medan T.A 2023/2024.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.