PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 KELAS III

Saudur Nainggolan, Robenhart Tamba, Arifin Siregar, Waliyul Maulana Siregar, Sri Mustika Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament pada pembelajaran tema 6 dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 173194 Batumanumpak. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 173194 Batumanumpak pada semester genap T.A 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen dan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan satu kelompok sampel yaitu kelas III sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe Team Games Tournament memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 yang ditunujukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.