PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 173283 SIANJUR KECAMATAN SIBORONGBORONG T.A 2023/2024

Penulis

  • Repelina Hutasoit Mahasiswa Universitas Negeri Medan
  • Arifin Siregar
  • Naeklan Simbolon
  • Fahrur Rozi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Gaya mengajar guru di kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024, 2) Motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024, 3) Pengaruh gaya mengajar guru terhadap Motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linear sedehana dan uji signifikan (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru (X) terhadap motivasi belajar matematika siswa (Y) pada siswa di kelas V SDN 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung untuk variabel gaya mengajar guru (X) adalah 5.147 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,70113 sehingga thitung > ttabel (5.147 > 1,70113), dengan nilai = 0,00 < 0,05. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar matematika siswa di kelas V 173283 Sianjur Kecamatan Siborongborong T.A 2023/2024.

Referensi

Ahmadi, dkk. (2015).Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pusaka Setia.

Ali, Muhammad. (2014). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1“7.

Fu'adah, A. (2022). Pembelajaran Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Anak. Penerbit P4I.

Mailani, E. 2015. Penerapan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8“11.

Majid, Abdul. 2015.Strategi Pembeljaran. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA

Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Pt Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131“145.

Tarigan, D., & Saskia, E. (2019). Pengaruh Media Permainan Truth or Dare (Tod) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas V Sdn 107399 Bandar Khalipah. Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Negeri Medan, 84“95.

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Hutasoit, R., Siregar, A., Simbolon, N., & Rozi, F. (2024). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 173283 SIANJUR KECAMATAN SIBORONGBORONG T.A 2023/2024. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(4). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/59892

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>