PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL DAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA

Fathiya Umri, Ibrahim Gulttom, Wildansyah Lubis, Zainuddin Muchtar, Fahrur Rozi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall dan Quizizz serta untuk mengetahui mana yang lebih berpengaruh antara media pembelajaran Wordwall dan Quizizz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV materi “Aku dan Kebutuhanku” di SDN 101765 Bandar Setia. Sampel penelitian merupakan siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 41 siswa, menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experimental design. Terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen X1 (IV A) menggunakan media Wordwall dan kelas eksperimen X2 (IV B) menggunakan media Quizizz. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, dilihat dari rata-rata pretest dan posttest masing-masing kelas. Pada kelas IV A rata-rata pretest sebesar 54 dan posttest sebesar 84,5, pada kelas IV B rata-rata peretest sebesar 50,71 dan posttest sebesar 72,85, dengan demikian penggunaan media pembelajaran Wordwall dan Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 101765 dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall lebih tinggi atau lebih unggul dibandingkan menggunakan media pembelajaran Quizizz.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Purba, Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Purnamasari, Sulfi, Fika Rahmanita, Soffi Soffiatun, Wiwit Kurniawan, dan Fiqoh Afriliani. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Wordwall. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Art. 1. https://doi.org/10.32493/aljpkm.v3i1.17052

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhelayanti, Syamsiah Z, Ima Rahmawati, Year Rezeki Patricia Tantu, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S. Tangio, dan Dewi Anzelina. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Medan: Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.