PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS lV SDN 173276 HUTASOIT PARDOMUAN T.A 2023/2024

Elni Astuti Hutasoit, Arifin Siregar, Sorta Simanjuntak, Lidia Simanihuruk, Masta Marselina Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 173276 Hutasoit Pardomuan , dan (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa Kelas lV SD Negeri 173276 Hutasoit Pardomuan T.A 2023/22024 pada materi pecahan.Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan  penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SDN 173276 Hutasoit Pardomuan dengan waktu penelitian yaitu pada bulan april 2024. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan jenis one-group pretest-posttest desain. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas dengan siswa sebanyak 27 siswa.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan tes tulis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent t-test.Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika termasuk dalam kategori cukup efektif yang menunjukkan pada persentase 75%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan  penggunaan media puzzle dalam pembelajaran dimana nilai t hitung yang bernilai  19.024 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2,056 dan nilai sig <0,05 yaitu 0,000.


Full Text:

PDF

References


Ali Mudlofir.,2019. Desain Pembelajaran Inovatif .Depok : Rajawali Pres .

Anam, I. D., Nyoman, N. A., & Reffiane, F.,2023. Peningkatan hasil belajar siswa kelas ivb pembelajaran ipas melalui media puzzle di sdn peterongan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4010-4018.

Ayu, Shinta., 2014. Segudang Game Edukatif Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Azhar Arsyad., 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bundu, Patta., 2016. Asesmen Pembelajaran. Makassar: Hayfa Press Padang .

Hamzah, Ali & Muhlisrarini., 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran

Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Remaja Rosdakarya.

Hasan, M.Dkk.,2021. Media pembelajaran.Klaten:Tahta Media Grup.

Karwono dan Heni, M., 2017. Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok : Rajawali Persada.

Latif, Mukhtar. Dkk., 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan

Aplikasi. Telanaipura: Kencana.

Mashuri, S.,2019. Media pembelajaran matematika. Yogyakarta;Deepublish.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W.,2022. Media Pembelajaran. Makassar;Badan Penerbit UNM.

Prima, Aurelia., 2016. Aneka Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak.

Yogyakarta: Diva Press.

Putri, S. A., Destiniar, D., & Sunedi, S.,2022. Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 100 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1783-1789.

Rohmah, S. N.,2021. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta;UAD PRESS.

Rusman., 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian.

Bandung: Rajawali Pers.

Siatan, Diah., 2014. Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan

Media Puzzle dengan Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD. Skripsi. Jakarta: Program Sarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Sintawati, M., & Mardati, A.,2021. Strategi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Yogyakarta; K media .

Sugiyono., 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukadi., 2016. Guru dan Masa Depan. Jakarta: Penerbit Rajawali Press.


Article Metrics

Abstract view : 36 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot