PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024

Meilani Sari Lawolo, Arifin Siregar, Eva Betty Simanjuntak, Lala Jelita Ananda, Khairul Usman

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental research. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas IV-a dan kelas IV-b. Masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Uji normalitas pretes posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan hasil <  sehingga data berdistribusi normal. Uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan hasil  <  sehingga data bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis dengan kriteria pengujian sig £ ɑ 0,05 mendapatkan hasil sig 0,007 < 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa  ditolak dan  diterima sehingga disimpulkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika.

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.