PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024

Penulis

  • Meilani Sari Lawolo Universitas Negeri Medan
  • Arifin Siregar
  • Eva Betty Simanjuntak
  • Lala Jelita Ananda
  • Khairul Usman

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 060872 Kecamatan Medan Perjuangan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental research. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu siswa kelas IV-a dan kelas IV-b. Masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Uji normalitas pretes posttest kelas kontrol dan eksperimen mendapatkan hasil <  sehingga data berdistribusi normal. Uji homogenitas pretest dan posttest mendapatkan hasil  <  sehingga data bersifat homogen. Kemudian uji hipotesis dengan kriteria pengujian sig £ É‘ 0,05 mendapatkan hasil sig 0,007 < 0,05. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa  ditolak dan  diterima sehingga disimpulkan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kantong bilangan berpengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika. 

Biografi Penulis

Meilani Sari Lawolo, Universitas Negeri Medan

Saya seorang Mahasiswa dari Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pengetahuan, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Menempuh pendidikan S1 pada tahun 2020-2024

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Lawolo, M. S., Siregar, A., Simanjuntak, E. B., Ananda, L. J., & Usman, K. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060872 KEC. MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 1(4). Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jisd/article/view/60273

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>