HUBUNGAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 060856 MEDAN PERJUANGAN T.A 2023/2024

Widya Amanda, Nurmayani ., Winara ., Khairul Usman, Fajar Sidik Siregar

Abstract


                                                        ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ekstrakurikuler pramuka dengan kecerdasan sosial siswa kelas IV SDN 060856. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes yaitu instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan ekstrakurikuler pramuka dengan kecerdasan sosial siswa jika dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan berdasarkan nilai koefisien yang diperoleh dari hasil uji korelasi, antara variabel X (Ekstrakurikuler Pramuka) dengan variabel Y (Kecerdasan Sosial) angka korelasinya adalah 0,714. Besarnya nilai koefisien yang dihasilkan terletak antara 0,60 sampai dengan 0,799 hal ini menunjukkan bahwa hubungan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Kecerdasan Sosial memiliki korelasi yang kuat. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Ekstrakurikuler Pramuka dengan Kecerdasan Sosial siswa kelas IV SDN 060856 Medan Perjuangan.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Sosial, Sekolah Dasar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan kecerdasan sosial siswa kelas IV SDN 060856. Sampel penelitian merupakan seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling . Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes yaitu instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan kecerdasan sosial siswa jika dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 yang artinya H o ditolak dan Ha diterima. Serta berdasarkan nilai koefisien yang diperoleh dari hasil uji korelasi, antara variabel X (Ekstrakurikuler Pramuka) dan variabel Y (Kecerdasan Sosial) angka korelasi sebesar 0,714. Besarnya nilai koefisien yang dihasilkan terletak diantara 0,60 s/d 0,799 hal ini menunjukkan hubungan antara Ekstrakurikuler Pramuka dengan Kecerdasan Sosial terdapat korelasi yang kuat. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa hubungan yang kuat antara Ekstrakurikuler Pramuka dengan Kecerdasan Emosional Siswa kelas IV SDN 060856 Medan Perjuangan.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kecerdasan Sosial, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Emilda, Andri, Fitria, H., Mulyadi. 2022. Implemenstasi Pendidikan Karakter Pada Ekstrakurikuler Duta Pendidikan, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14058-14063

Hasil Musyawarah Nasional Tahun 2018 Tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka. Kendari: Kwarnas

Judianan, Rindrayani, Sulastri R., Manab, Abdul. 2021. Pengaruh Kecerdasan Sosial dan Keaktifan Pemuda dalam Kegiatan Organisasi Karang Taruna Terhadap Kemampuan Me-Mecahkan Masalah Sosial di Desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2), 5476-5485

Rahmayani, Suri dan Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2021. Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 9 (3), 475-480

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian . Bandung: ALFABETA.

Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30-52


Article Metrics

Abstract view : 18 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.