PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MELALUI APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD

Ade Prita Putri Marpaung, Irsan ., Arifin Siregar, Nurmayani ., Dody F.Pandimun Abrt

Abstract


Penelitian ini didasari oleh kurangnya daya tarik media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 104607 Sei Rotan dalam materi Indonesiaku Kaya Hayatinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dan sampel penelitian ini adalah 24 siswa kelas V. Instrumen pengumpulan data meliputi pedoman wawancara, angket, dan tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validasi materi dan media pembelajaran video animasi yang dikembangkan dengan aplikasi CapCut memperoleh persentase 83% dan 86% dengan kategori "sangat layak". Angket respon guru menunjukkan hasil kepraktisan media pembelajaran video animasi dengan persentase 90% dan kategori "sangat praktis". Uji efektivitas media pembelajaran video animasi melalui CapCut menunjukkan nilai ketuntasan maksimal. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran video animasi melalui aplikasi CapCut dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 104607 Sei Rotan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.