ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA AL-MUKHLISIN KAB KARO
DOI:
https://doi.org/10.24114/jkss.v22i1.61538Kata Kunci:
Parenting Patterns, Interpersonal IntelligenceAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pola asuh orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di RA Al-Mukhlisin kab. Karo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pola asuh yang diterapkan orang tua yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. 2). Kecerdasan anak di RA Al- Mukhlisin sangat jauh berbeda-beda 3). Pola asuh demokratis dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak yaitu dengan mengajak anak untuk berdiskusi. Pola asuh permisif dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak yaitu membebaskan anak untuk bereksplorasi dan pola asuh otoriter dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak yaitu dengan melatih anak agar disiplin.Referensi
Agustina, R., Marlina, L., & Fahmi, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Interpersonal Anak. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 31-44.
Ali, S. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Arrasyd, Harun. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal. Implementation of Islamic Counseling, 1(2), 60-70.
Chasanah, U., Purbasari, I., & Ismaya, E. A. (2023). Bentuk kecerdasan interpersonal anak ditinjau dari bimbingan orang tua. AS-SABIQUN, 5(5), 1281-1293.
Idham, R. N. (2023). Analisis kecerdasan interpersonal anak usia dini di tk istiqlal bandar lampung. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 49-58.
Maryani, K. (2013). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Entrepreneurship Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 387-400.
Pratama, W., & Simaremare, A. (2016). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Pengembangan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa T . A 2015 / 2016. Bunga Rampai Usia Emas, 2(2), 42–48. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/9424/8650
Sari, F. W., & Jamrizal, J. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Journal of Educational Research, 2(1), 63-80.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin, M. I. (2017). Peran Orang Tua sebagai Pendidik Anak dalam Keluarga. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan. Vol. 03 No. 02.
Utami, Ade Dwi. 2012. “Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach Improving Intrapersonal Intelligence and Interpersonal” 7 (2): 138–52.
Yanuarsari, R., Muchtar, H. S., & Nurapriani, R. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini di TK mekar arum kota bandung. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 40-47
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.