ANALISIS TEKNIK PASSING DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PERMAIN SEPAK BOLA PADA MAHASISWA PJKR B 2023

Penulis

  • Nimrot Manalu Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Talentia Talentia Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Friskila Aryanti Lumban Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Batul Daniel Simanjuntak Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Medan
  • Jeremia William Isiprasa Sipayung Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jkss.v23i1.64703

Abstrak

Soccer is a sport that requires team solidity to achieve a good game. This study aims to analyze the application of passing techniques through the Problem Based Learning (PBL) method in learning football for students of the Physical Education, Health and Recreation (PJKR) Study Program class B year 2023 at Medan State University. The research was conducted on Friday, February 18, 2025 at the Medan State University stadium with a qualitative approach. Data collection techniques include cognitive, affective, and psychomotor assessments. The research subjects were 32 PJKR B 2023 students. The results showed that the average student activity was 77.03%, with a learning activity completeness rate of 79%. The conclusion of this study shows that the application of the PBL method is able to increase learning activities and understanding of passing techniques in soccer, and encourage active participation of students in the learning process.

Referensi

Utomo, N. P., & Indarto, P. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing dalam Sepak Bola. Jurnal Porkes, 4(2), 87-94.

Aprianova, F., & Hariadi, I. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik dasar menggiring bola (dribbling) dalam permainan sepakbola pada siswa Sekolah Sepakbola Putra Zodiac Kabupaten Bojonegoro usia 13-15 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 63-74.

Irfan, M., Yenes, R., Irawan, R., & Oktavianus, I. (2020). Kemampuan teknik dasar sepakbola. Jurnal Patriot, 2(3), 720-731.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar IPS di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1-8.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.

Pratiwi, I. (2022). Penerapan model problem based learning berbantuan audio visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 302-308.

Pradipta, I. K. Y. W., Astra, I. K. B., & Semarayasa, I. K. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Teknik Shooting dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(3), 252-258.

Tumanggor, M. (2021). Berfikir kritis: Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Gracias Logis Kreatif.

Yasmini, I. G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 159-164.

Diterbitkan

2025-05-20

Cara Mengutip

Manalu, N., Talentia, T., Lumban, F. A., Simanjuntak, B. D., & Sipayung, J. W. I. (2025). ANALISIS TEKNIK PASSING DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PERMAIN SEPAK BOLA PADA MAHASISWA PJKR B 2023 . JURNAL KELUARGA SEHAT SEJAHTERA, 23(1), 44–49. https://doi.org/10.24114/jkss.v23i1.64703

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama