PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS WONDERING EXPLORING EXPLAINING SCIENCE (WEE SCIENCE) DENGAN BANTUAN SIMULASI PHET PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE
Abstract
Fakta dilapangan diperoleh kurangnya penggunaan LKS sebagai penunjang pada proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan hanya menggunakan lembar aktivitas siswa sebagai tugas tambahan. Perlu untuk mengembangkan LKS berbais WEE Science (Wondering Explaining Exploring) Science untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan dan kemudahan LKS berbasis WEE Science (Wondering Explaining Exploring) Science pada bahasan materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (Mix Method) dengan desain sequential explanatory yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Dengan menggunakan metode pre-experimental desain One Shot Case Study dan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Hasil penelitian ini yaitu : (1) nilai persentase kelayakan LKS sebesar 90,55% berkategori sangat baik (2) nilai persentase kemenarikan dan kemudahan LKS WEE Science oleh guru sebesar 91,72% berkategori sangat baik (3) nilai persentase kemenarikan dan kemudahan LKS WEE Science oleh siswa sebesar 87,81% berkategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan LKS berbasis WEE Sciencedengan bantuan simulasi PhET pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke layak, menarik, memudahkan, dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alosio Helmy Sopaba, Edy Tandililing, Syaiful B. Arsyid. 2018. “Remediasi Miskonsepsi Dengan Model Wondering Exploring Explaining Berbantuan TIK Materi Gerak Lurus Di SMAK.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 8(4):1–8
Anderson, T. H., West, C. K., Beck, D. P., Macdonell, E. S., & Frisbie, D. S. 1995. WEE Science: Integrating Content Area Reading and Science Education. Technical Report No.620. Champaign: Center for The Study Of Reading University Of Illinois
Anggraini, Rivalia, Sri Wahyuni, and Albertus Djoko Lesmono. 2016. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Di SMAN 4 Jember.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4(4):350–56
Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia.
Brannen, J. 2005. Mixed Methods Research: A Discussion Paper. ESRC National Centre for Research Methods.
Damayanti, D. S., Ngazizah, N., & K., E. S. 2013. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013.” RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 3(1):58–62
Finkelstein, N., Adams, W., Keller, C., Perkins, K., & Wieman, C. 2006. “The Physics Education Technology Project.” Journal of Online Learning and Teaching 2(3):110–21
Ginting, Fajrul Wahdi, Agus Muliaman, Isna Rezkia Lukman, and Mellyzar Mellyzar. 2020. “ANALYSIS OF THE READINESS OF EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS TO BECOME PRE-SERVICE TEACHER BASED ON TEACHER COMPETENCY STANDARDS.” Jurnal Pendidikan Fisika 9(2):120–27
Herizal. 2020. “Faktor Yang Memengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematis Siswa.” Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2(1):33–42
Isnaningsih, Alamat, and D. S. Bimo. 2013. “Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(2):136–41
Kuasaputra, Irene Christabella. 2014. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Lima Bahasa Kasih Untuk Anak Usia 5-8 Tahun Abstrak Pendahuluan.” 1(4):1–13
Lestiana, Ida, Mochammad Aed, Wiwin Puspita Hadi, and Irsad Rosidi. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Wondering Exploring Explaining (Wee) Science Pada Materi Struktur Bumi Dan Dinamikanya.” Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran 10(1):113–29
Masrizal. 2011. “MIXED METHOD RESEARCH.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 6(1):53–56
Mellyzar, and Agus Muliaman. 2020. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia.” Lantanida Journal 8(1):40–52
Prasetyo, Yanuar Ady. 2014. “Ilustrasi Buku Cerita Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak.” Arty: Journal of Visual Arts 3(1)
Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. Made, and I. Made Kirna. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model.” Jurnal Ika 11(1):12–26
Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. 2015. “Pengembangan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Fluida Statis Di Sman 1 Kotaagung 1.” Jurnal Pembelajaran Fisika 3(2):99–109
Zohrabi, Mohammad. 2013. “Mixed Method Research: Instruments, Validity, Reliability and Reporting Findings.” Theory and Practice in Language Studies 3(2):254–62
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v10i1.23168
Article Metrics
Abstract view : 407 timesPDF - 643 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Faradhillah Faradhillah, Muliani Muliani, Rahmadiwi Rahmadiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.