Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Eksperimen di Kelas VII Semester Ganjil
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66693Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas, efektivitas dan kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen pada materi fisika Kelas VII semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran. Data penelitian diperoleh melalui uji validitas, uji efektivitas dan uji kepraktisan. Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil yaitu, pada uji validitas ahli materi mendapatkan skor 92,94% dan pada ahli media sebesar 94,19% yang artinya buku ajar valid dan berada pada kategori sangat baik, pada uji efektivitas didapatkan hasil skor N-Gain 0,75 atau secara persentase 75% yang artinya buku dapat meningkatkan keterampilan kinerja siswa pada kriteria sedang atau cukup efektif, pada uji kepraktisan didapatkan skor persentase sebesar 87,5% yang menunjukkan tingkat kepraktisan buku ajar berbasis eksperimen berada pada kategori sangat layak/ sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis eksperimen telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fisika Kelas VII di UPTD SMP Negeri 5 Kisaran.Downloads
Published
2025-06-29
How to Cite
Rezeki, N. J., Derlina, & Abd. Hakim S. (2025). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Eksperimen di Kelas VII Semester Ganjil. Jurnal Pendidikan Fisika, 14(1), 72–83. https://doi.org/10.24114/jpf.v14i1.66693
Issue
Section
Jurnal Pendidikan Fisika Volume 14//No.1//Juni 2025
License
Copyright (c) 2025 Nanda Julfa Rezeki, Derlina, Abd. Hakim S

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.