THE DEVELOPMENT OF PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODELS BASED ON BATAK CULTURE TO INCREASE SKILL STUDY RESOLUTION
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I., 2013. Learning to Teach Belajar Untuk Mengajar (edisi ketujuh).
Heller, P. Keith, R. and Anderson, S. 1992. Teaching problem solving trought cooperative grouping. Part 1: group versus individual problem solving. America journal of physics, 6(2): 627-636
Hutagalung, R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Discovery Berbasis Budaya Batak Toba Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa SMPN 2 Tarutung. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Medan: PPs UNIMED
Sanjaya & Wina. 2006. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan) .
Sardjiyo & Pannen, P. 2005. Pembelajaran berbasis budaya: model inovasi pembelajaran dan implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal pendidikan, 6 (2): 83-97
Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdsarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya
Suastra,. Sudirta, IPt., Sadia, IW.,. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMP Bermuatan Karakter Dengan Setting Group Investigation. E-Jounal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 1-12
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Susanti. 2015. Nilai – Nilai Budaya Batak Toba Sebagai Sumber Pembelajaran IPS dan Proses Pengembangan Wawasan Kebangsaan. Jurnal INDI-Inovasi Didaktik, 1(1) : 91-113
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Rencana Prenada Media Group
Trianto 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Vygotsky, L.S. 1978. Mind in Society. Cambridge, MA: Hardvard University Press
Wahyudi. 2003. Tinjauan aspek budaya pada pembelajaran IPA: pentingnya kurikulum IPA berbasis kebudayaan lokal. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 04: 42-59
DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v7i1.8160
Article Metrics
Abstract view : 349 timesPDF - 525 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 annisyah lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.