PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS INVESTIGASI PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Rizki Maulida, Mariati Purnama Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajaryang dikembangkan dapat meningkatkan respon, aktivitas dan hasil belajarsiswa dengan menggunakan pengembangan bahan ajar SMA berbasisinvestigasi pada materi fluida dinamis berbasis investigasi. Metode yangdilakukan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembanganResearch and Development (R&D). Sampel penelitian ini adalah satu kelasyaitu kelas XI IPA2. Instrumen yang digunakan untuk mengumulkan data ada tiga yaitu dengan menggunakan lembar validasi bahan ajar berupa angket dan kemudian di validkan oleh tim ahli, untuk menilai respon siswapada bahan ajar instrumen yang digunakan berupa angket yang dibagikanpada setiap pertemuan dan untuk melihat aktivitas siswa menggunakanangket yang dinilai oleh teman sejawat peneliti dalam mengukur aktivitassiswa pada setiap pertemuan serta untuk melihat hasil belajar siswadigunakan penilaian evaluasi berupa 10 pertanyaan dalam bentuk pilihanberganda yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitiandiperoleh: Bahan ajar fisika SMA berbasis investigasi yang dikembangkandapat meningkatakan respon, aktivitas dan hasil belajar siswa padapertemuan I, II, III yaitu: respon rata-rata pada pertemuan pertama sebesar76,42. pada pertemuan kedua sebesar 79,77 dan pada pertemuan ketiga87,36. Aktivitas rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 67,01. padapertemuan kedua sebesar 71,00 dan pada pertemuan ketiga 79,00.  Hasilbelajar rata-rata pada pertemuan pertama sebesar 40,36. pada pertemuankedua sebesar 60,71 dan pada pertemuan ketiga 81,07.
Kata kunci: hahan ajar, investigasi, hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2572

Article Metrics

Abstract view : 538 times
PDF - 778 times

Refbacks





Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 ___________________________________________________________________________________________________________________________________________

Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) 
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
    rajo.hasim@gmail.com (principal contact)

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


_____________________________________________________________________________________________________________________________________________


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.