PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MOODLE DENGAN EDMODO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abroto, Prastowo. A., dan Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan aplikasi whasapp di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 5(3), 1632-1638.
Aminy, R., Huzaifah, S., dan Santri, J. D. (2017). Pengembangan Materi Pembelajaran Sistem Koordinasi Manusia Memanfaatkan Fitur Edmodo Untuk Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 4(1), 28–42.
Aziz, A. W. dan Wicaksana, B. (2016). Pemanfaatan Web Service Moodle Berbasis REST-JSON untuk Membangun Moodle Online Learning Extension berbasis Android, Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart, 2(2), 1-11.
Holden, J. T., & Westfall, P. J. (2010). An Instructional Media Selection Guide for Distance Learning-Implication for Blended Learning Featuring An Introduction to Virtual Worlds. Boston: United States Distance Learning Association.
Kalinga, E. A. (2008). Development of an Interactive e-Learning Management System (e-LMS) for Tanzanian Secondary Schools. Karlskrona: Institut Teknologi Blekinge.
Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., dan Kunci, K. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Aplikasi MoodleTerhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XSMAN 1 Batang Kapas, Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173.
Marpaung, N., Simanjuntak, M.P., Siagian, E., dan Sinaga, L. (2021). Desain Pembelajaran LMS Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Siswa SMP, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), 9(2), 88-93.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika, Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning, Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Nur. M. (2021). Media Pembelajaran E-learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Masa Pandemi, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(01), 1-5.
Nugraha, H. P., Herlambang, A. D., dan Az-zahra, H. M. (2019). Perbandingan Usability Pada Learning Management System Moodle dan Edmodo Dengan Menggunakan Metode Heuristic Walkthrough, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 3790–3796.
Pangaribuan, S. S., Simanjuntak, P. M., Marpaung, N. (2021). Rancangan Media Pembelajaran Berbasis LMS untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA, Jurnal Seminar Nasional VI, 215-2019.
Pratama, M. D. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pasar, Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(2), 1-9.
Retnoningsih, E. (2017). Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online, Information System for Educators and Professionals, 1(2), 221–230.
Sari, D. D., dan Zulmaulida, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Moodle terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII, Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 75–84.
Siagian, E., Simanjuntak, M.P., dan Marpaung, N. (2021). Pembelajaran Berbasis Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (Inpafi), 9(3), 54-60.
Simanjuntak, P. M., Manurung, A. W., dan Marpaung, N. (2021). Desain Learning Management System Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor, Jurnal Proceeding Seminar Nasional IPA XI dan Inovasi Pembelajaran IPA yang Berwawasan Lingkungan di Masa Pandemi, 343-351.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, L. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK, Jurnal IT-EDU, 5(1), 171-181.
DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v11i2.37267
Article Metrics
Abstract view : 255 timesPDF - 237 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mariati Purnama Simanjuntak, Magdalena Simbolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
___________________________________________________________________________________________________________________________________________
Jurnal Pendidikan Fisika
p-ISSN : 2252-732X | e-ISSN : 2301-7651
Organized by The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI)
W: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/index
E : jpfunimed@unimed.ac.id
rajo.hasim@gmail.com (principal contact)
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.