KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATON BERBANTU MEDIA POHON PEKERJAAN SD NEGERI 2 BALERAKSA

Tampi Hikmah

Abstract


Abstrak : Keefektifan Pembelaaran IPS Model Team Assisted Individualization Berbantu Media Pohon Pekerjaan SDN 2 Baleraksa. Tujuan penelitian ini untuk adalah untuk mendeskripsikan Keefektifan Pembelajaran IPS Model Team Assisted Individualization berbantu media pohon pekerjaan pada SD Negeri 2 Baleraksa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik non probability sampling teknik sampling jenuh. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan (nilai post test) rata-rata 78,08 pada analisis akhir perhitungan menggunakan uji t diperoleh jika = 0,05 dan db=N-1=25-1=24 diperoleh ttabel = 1,711 dan thitung=15,018. Jika thitung> ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga rata-rata hasil belajar post test lebih besar dari pre test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menggunakan Model Team Assisted Individualization efektif.

Kata Kunci : Model Team Assisted Individualization, Media Pohon Pekerjaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10670

Article Metrics

Abstract view : 135 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Tampi Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.