KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA “EKOSISTEM” KELAS V SDN JATINGALEH 01

Hanum Anindita, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Abstract


Abstrak: Keefektifan Model Talking Stick Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Ipa Tema “Ekosistem” Kelas V SDN Jatingaleh 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Quasi Experimental Design. Sampel penelitian yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan model Talking Stick benbantu media Puzzle, kelas VC sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model maupun media. Berdasarkan uji t diketahui thitung> ttabel(3,857> 2,045) dan pada uji gain mendapatkan hasil 0,4 dengan kriteria sedang. Jadi berdasarkan hasil yang didapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti model Talking Stick berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPA tema “Ekosistem” kelas V SDN Jatingaleh 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

                                                                                              

Kata Kunci: Keefektifan, Model Talking Stick, Puzzle


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11622

Article Metrics

Abstract view : 193 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hanum Anindita, Harto Nuroso, Fine Reffiane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.