PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP ELEKTRIK BERBANTU MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SEKOLAH DASAR

Laily Intan Kurniawati, Rustopo Rustopo, Fine Reffiane

Abstract


Abstrak: Pengembangan Media Pop-Up Elektrik Berbantu Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui apakah media Pop-up Elektrik berbantu model STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD layak digunakan atau tidak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Brambang  sebanyak 27 siswa. Validasi media dilakukan oleh 3 dosen ahli media dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media pop-up Elektrik memperoleh rata-rata skor untuk media adalah 92.5% dan rata-rata skor untuk materi adalah 94.8% dan memperoleh kategori sangat layak digunakan.

 

Kata Kunci: Pop-up, STAD, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11634

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 230 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Laily Intan Kurniawati, Rustopo Rustopo, Fine Reffiane

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.