UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA

Muhammad Arip Effendy

Abstract


Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palembang. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan November 2015 tahun pelajaran 2015/2016. kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1 Palembang yang berjumlah 29 peserta didik.  pokok bahasan yang disampaikan adalah ”matriks”. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (48,28%), siklus I (79,31%), dan siklus II (93,10%).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik XI IPS.1 SMA Negeri 1 Palembang serta model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

                                                                                                                                 

Kata Kunci: Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v3i1.11663

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Arip Effendy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.