PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG AKTIVITAS MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PEMBELAJARAN IPS MELALUI METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE DI KELAS VII.3 SMP NEGERI 34 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Peningkatan Pemahaman Tentang Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Ips Melalui Metode Group To Group Exchange Di Kelas Vii.3 Smp Negeri 34 Palembang. Materi pokok tentang aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan merupakan materi semester genap kelas VII dalam kurikulum 2013 di tahun 2019. Pentingnya mempelajari matei ini diantaranya siswa dapat menjelaskan kelangkaan sebagai permsalahan ekonomi manusia, menyebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia,menjelaskan hubungan antara tindakan, motif dan prinsip ekonomi, menjelaskan kegiatan produksi, menjelaskan kegiatan distribusi, menjelaskan kegiatan konsumsi, menjelaskan kaitan antara permintaan, penawaran dan harga, menjelaskan peran pasar bagi kehidupan masyarakat, menjelaskan peran iptek dalam kegiatan ekonomi, menjelaskan peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s/d April 2019 semester genap 2018/2019. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII.3 SMP Negeri 34 Palembang dengan jumlah 32 siswa, pada pokok bahasan aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan. Dan guru ditemani seorang kolaborator atau teman sejawat bernama Dra. Nurhayati sebagai pengamat guru dalam penelitian tindakan kelas. Keaktifan siswa dan Hasil belajar aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan menggunakan metode Group to Group Exchange ini mengalami peningkatan dari siklus I, ke siklus II. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan pada siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 34 Palembang dapat disimpulkan bahwa metode belajar aktif Group to Group Exchange memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I sebanyak 16 orang atau 50,00% tuntas dan 16 orang lagi 50,00% siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat sebanyak 29 orang anak atau sebesar 90,63 % dan 3 orang lagi atau 9,38% belum tuntas belajar.
Kata Kunci: IPS, Aktivitas Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan, Group To Group Exchange
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v5i1.22709
Article Metrics
Abstract view : 181 timesPDF - 563 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Emi Marlin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.