UPAYA PENINGKATAN HASIL IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V-A SD NEGERI0 508112 PUJI DADI

Suhaimi Suhaimi

Abstract


Abstrak: Upaya Peningkatan Hasil IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Materi Pokok Sifat Cahaya Siswa Kelas V-A SD Negeri 0508112 Puji Dadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, terbukti dari hasil tes aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain membaca/membaca (40,5%), bekerja (23,5%), bertanya sesama teman (18,5%), bertanya kepada guru (12,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (5,0%).Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain membaca/membaca (22,0%), bekerja (43,0%), bertanya sesama teman (20,0%), bertanya kepada guru (14,0%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (1,00%). Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation Pada Siklus I sebesar 61.8 dengan tuntas klasikal sebesar 55% dan Pada Siklus II sebesar 81 dengan tuntas klasikal sebesar 90%, ini menunjukkan tuntas secara individu dan kelas sesuai KKM IPA.

 

Kata Kunci:Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i1.6304

Article Metrics

Abstract view : 129 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Suhaimi Suhaimi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.