ANALISIS MANFAAT EDUKASI ANIMASI IBRA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL DAN MORAL PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PAI (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vera Nalia Fakulta Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
  • Sekar Sari Saptuti Fakulta Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
  • Oi' Kurniyati Fakulta Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Lampung
  • Supriyadi Fakulta Keguruan & Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i1.64793

Abstract

Abstract This study aims to analyze the benefits of using Ibra animation in developing the spiritual and moral intelligence of students in Islamic Religious Education (PAI) at the elementary school level. Islamic Religious Education plays a crucial role in shaping the moral and spiritual character of students. The method used in this research is a lit- erature review, where data is collected from various literature related to the use of ani- mation in religious education. The findings show that the Ibra animation significantly helps students understand religious values, enhances spiritual intelligence, and builds moral character, such as honesty, discipline, and empathy. The animation utilizes en- gaging visual narratives, making abstract religious concepts more accessible to students. Furthermore, the animation increases active student engagement in the learning process. This study concludes that Ibra animation is an effective tool for improving the quality of religious education, particularly in internalizing moral and spiritual values among students. Keywords: Ibra Animation, Spiritual Intelligence, Moral Intelligence, Islamic Religious Education, Elementary School. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat penggunaan animasi Ibra terhadap kecerdasan spiritual dan moral peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar. Pendidikan Agama Islam sangat penting dalam membentuk karakter moral dan spiritual siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka, di mana data dikumpulkan dari berbagai literatur terkait animasi dalam pendidikan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan animasi Ibra secara signifikan membantu siswa memahami nilai-nilai aga- ma, meningkatkan kecerdasan spiritual, dan membentuk karakter moral seperti keju- juran, disiplin, dan kepedulian. Animasi ini memanfaatkan narasi visual yang menarik sehingga membuat konsep abstrak dalam agama menjadi lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu, animasi juga meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa animasi Ibra merupakan alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama, khususnya dalam menginternalisasi nilainilai moral dan spiritual di kalangan peserta didik. Kata kunci: Animasi Ibra, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Moral, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2024-12-14