PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS GURU

Authors

  • Dinda Claudia Risal Denggo Universitas Megarezky
  • Cayati Universitas Megarezky
  • Perawati Bte Abustang Universitas Megarezky
  • Nurhadifah Amaliyah Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66895

Abstract

Abstract: This study aims to see the effect of using the Canva application on teacher creativity using a quantitative approach with an ex post facto research type. Respondents in this study were class teachers and subject teachers at SDN Bawakaraeng 1 Makassar City with a sample size of 24 teachers. The sampling technique used was the saturated sample technique, by taking the entire population as a sample. The results of the study were divided into descriptive analysis and inferential analysis. It can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted so that it can be said that the use of the Canva application has an effect on teacher creativity. Keyword: Canva application, creativity of teachers and elementary schools   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan aplikasi canva terhadap kreativitas guru menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Responden dalam penelitian ini merupakan guru kelas dan guru bidang studi di SD Negeri Bawakaraeng 1 Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 24 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh, dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Hasil penelitian dibagi menjadi analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan aplikasi canva berpengaruh terhadap kreativitas guru. Kata Kunci: Aplikasi canva, kreativitas guru dan sekolah dasar

Downloads

Published

2025-09-25

How to Cite

Denggo, D. C. R., Cayati, Perawati Bte Abustang, & Nurhadifah Amaliyah. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP KREATIVITAS GURU. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 793–802. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66895