EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SISWA DI UPT SPF SD INPRES PERUMNAS ANTANG III
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66941Abstract
Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the use of the Google Classroom application on student learning at the UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. This study is an experimental study using a quantitative approach. The sample of this study were students who were randomly selected in class V A, V B, and V C with sampling using simple random sampling. The sample in this study was 29 class V A students consisting of 15 boys and 14 girls. The research instruments used were observation sheets, learning outcome tests, questionnaires and documentation. The results of the study were divided into descriptive analysis and inferential analysis. It can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted so that it can be said that the use of the Canva application has an effect on teacher creativity. Keyword: Google Classroom, Student Learning, Class V Learning Outcomes. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi google classroom pada pembelajaran siswa di UPT SPF SD Inpres Perumnas Antang III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa yang dipilih secara acak pada kelas V A, V B, dan V C dengan pengambilan sampel yaitu menggunakan simple ramdom sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 siswa kelas V A yang terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dibagi menjadi analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan aplikasi canva berpengaruh terhadap kreativitas guru. Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran Siswa, Hasil belajar Kelas V.Downloads
Published
2025-09-29
How to Cite
Evi, S., Perawati Bte Abustang, Syamsul Alam, & Jusmawati. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SISWA DI UPT SPF SD INPRES PERUMNAS ANTANG III. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 854–861. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66941
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Sri Evi, Perawati Bte Abustang, Syamsul Alam, Jusmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.