PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak : Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan pendekatan problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 002 Langgini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan problem solving pada setiap siklus dapat terlihat dari nilai rata-rata 70,1 dengan presentase ketuntasan 71% pada siklus I dan nilai rata-rata 83,1 dengan presentase ketuntasan 93% pada siklus II.
Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar, IPA
Kata Kunci : Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar, IPA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7315
Article Metrics
Abstract view : 552 timesPDF - 372 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yenni Fitra Surya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.