PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA KELAS V SD

Iis Aprinawati

Abstract


Abstrak : Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Kelas V SD. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada siswa kelas V SDN 020 Ridan Permai Kota Bangkinang. Subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 29 orang, dengan jumlah laki-laki 15 orang, dan siswa perempuan berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN 020 Ridan Permai Bangkinang Kota.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Problem Based Instruction, Sifat-Sifat Cahaya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i2.7334

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Iis Aprinawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.