UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DI KELAS VIII-6 SMP

Suryani Suryani

Abstract


Abstrak : Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Di Kelas VIII-6 SMP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling. Siklus I ini setelah dilaksanakan layanan bimbingan klasikal dan siswa mengisi angket kemandirian belajar, hasilnya dibandingkan dengan kondisi awal dengan jumlah siswa yang pencapaian kemandirian belajar siswa kurang yang semula 20 siswa, menjadi 7 siswa yang masih kurang dalam kemandirian belajar, sehingga pada siklus I layanan bimbingan klasikal yang belum mencapai kemandirian belajar dengan jumlah sebesar 35%. Dengan kata lain layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan kemandirian belajar mengalami peningkatan 65%. siklus II ini layanan bimbingan klasikal yang belum mencapai kemandirian belajar berjumlah 35%. Dengan kata lain layanan bimbingan klasikal mencapai keberhasilan 100%.


Kata Kunci : Kemandirian, Belajar Siswa, Bimbingan Klasikal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i3.8847

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 309 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suryani Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.