PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BENTUK PERMUKAAN BUMI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 193 KOTANOPAN

Suryani Suryani

Abstract


Abstrak : Peningkatan Prestasi Belajar Bentuk Permukaan Bumi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 193 Kotanopan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas III SDN 193 Kotanopan serta performansi guru dalam pembelajaran mata pelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 193 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 21 siswa. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.. Indikator yang ditetapkan antara lain; (1) Rata-rata kelas sekurang-kurangnya 70, (2) Persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80%, (3) Keterlibatan/aktivitas siswa lebih dari 75%, dan (4) Skor performansi guru minimal B.


Kata Kunci : Prestasi Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pembelajaran Bentuk Permukaan Bumi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v1i4.9101

Article Metrics

Abstract view : 163 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Suryani Suryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.