POLA INTERAKSI SISWA TERHADAP TEMAN SEBAYA STUDI KASUS: DAMPAK PEMAKAIAN GADGET DI KELAS IV A SDN PEKUNDEN SEMARANG
Abstract
Abstrak : Pola Interaksi Siswa Terhadap Teman Sebaya Studi Kasus: Dampak Pemakaian Gadget Di Kelas IV A SDN Pekunden Semarang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola interaksi teman sebaya di kelas IV A SDN Pekunden Semarang akibat pemakaian gadget di sekolah. Pola interaksi siswa di kelas IV A lebih suka melakukan pola interaksi satu arah yakni siswa berkomunikasi antar orang perorangan. Hal ini karena di kelas tersebut tidak terdapat kelompok bermain siswa yang lebih mendominasi dari siswa yang lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif (studi kasus). Subjek penelitian siswa kelas IV A SDN Pekunden Semarang yang berjumlah 44 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 21 siswa dan perempuan berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode triangulasi data seperti wawancara, observasi, dan pembagian angket kepada siswa.
Kata Kunci : Pola interaksi siswa satu arah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9521
Article Metrics
Abstract view : 749 timesPDF - 461 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Inggriya Tangguhhati, Ervina Eka Subekti, Kiswoyo Kiswoyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.