UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI PENGGUNAAN METODE STAD DI KELAS VII E SMP
Abstract
Abstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Penggunaan Metode STAD di Kelas VII E SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode pembelajaran koopratif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E dalam mata pelajaran pkkn. Hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 4 siswa dengan presentase 14,8% yang tuntas KKM ≥ 75, pada siklus 1 terdapat 17 siswa dengan presentase 63,0% yang tuntas KKM dan siklus 2 ada 25 siswa dengan presentase 92,5% yang tuntas KKM.
Kata Kunci : Pelajaran PPKn, STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9908
Article Metrics
Abstract view : 239 timesPDF - 142 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Andreas V H Sihit, Yosaphat Haris Nusarasriya, Nani Mediatati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.