HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD MUHAMMADIYAH KRIYAN JEPARA MENGGUNAKAN CARD SORT
Abstract
Abstrak: Hasil Belajar PKN Kelas IV SD Muhammadiyah Kriyan Jepara Menggunakan Card Soft. Siswa merasa materi PKn mempunyai banyak hafalan, siswa merasa bosan saat pembelajaran PKn, guru belum menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model active learning tipe card sort efektif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kriyan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimental Design dengan desain penelitian Post-test Only Control Grup Design. Sampel penelitian adalah semua siswa-siswi kelas IV SD Muhammadiyah Kriyan Jepara yang berjumlah 25 orang di kelas IV A dan 22 orang di kelas IV B. Hasil penelitan diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu kelas IV A sebesar 88,76 sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol sebesar 79,09.
Kata Kunci : Active Learning, Card Sort, Hasil Belajar, PKn
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9912
Article Metrics
Abstract view : 305 timesPDF - 167 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tri Indah Noor Oktavia, Sukamto Sukamto, Mei Fita Asri Untari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.