IMPLEMANTASI MODEL PRBOLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF
Abstract
Abstrak : Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa kelas IV materi keliling dan luas bangun datar di SDN 01 Undaan Kidul Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Posttest Only Control Design. Sampel yang diambil adalah 36 siswa kelas IV A dan IV B dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling berbentuk sampling jenuh. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai awal rata-rata kelas eksperimen 56,30 dan kelas kontrol 70,94. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan yaitu model Problem Based Learning. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan model Problem Based menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 80,25 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 71,86.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9919
Article Metrics
Abstract view : 135 timesPDF - 124 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Anggun Puspita Sari, Suyitno Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.