Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual berbasis Kearifan Lokal dalam Matematika: Membangun Identitas Budaya diera Digital

Authors

  • Nadhilah Nazwa Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Desi Sri Kelengna Surbakti Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Anggita Uli Angel Gultom Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66043

Abstract

Penelitian ini dimotivasi oleh keterbatasan penelitian terkait integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran matematika, meskipun dampaknya signifikan dalam mendukung pembelajaran yang bermakna dan penguatan identitas budaya siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan metode pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dalam pendidikan matematika, serta dampaknya terhadap hasil belajar dan penguatan identitas budaya siswa di era digital. Penelitian ini mengadopsi desain kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, di mana sumber-sumber data diperoleh dari jurnal ilmiah, buku, dan laporan penelitian yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal efektif dalam menjembatani konsep matematika yang abstrak dengan pengalaman konkret siswa, meningkatkan motivasi belajar, dan memperkuat kesadaran identitas budaya. Studi ini menyimpulkan bahwa metode ini memiliki potensi pedagogis dan kultural yang signifikan, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori pembelajaran kontekstual dan etnomatematika. Studi ini juga mengidentifikasi peluang penelitian masa depan tentang efektivitas pendekatan ini di berbagai konteks budaya dan pemanfaatan platform digital dalam implementasinya.

References

Arisetyawan, A., Taher, T., & Fauzi, I. (2021). Integrating the Concept of Plane Figure and Baduy Local Wisdom as a Media Alternative of Mathematics Learning In Elementary Schools. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.15294/kreano.v12i1.26288

Creswell, J. W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Writing Center Talk over Time (5th ed.). SAGE Publications India Pvt. Ltd. B. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

D’Ambrosio, U. (1999). Literacy, Matheracy, and Technocracy: A Trivium for Today. Mathematical Thinking and Learning, 1(2), 131–153. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0102_3

Harefa, D., & Suastra, I. W. (2024). MATHEMATICS EDUCATION BASED ON LOCAL WISDOM : LEARNING STRATEGIES THROUGH HOMBO BATU. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 1–11. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/view/2236/1357

Hudson, C. C., & Whisler, V. R. (2020). Contextual teaching and learning for practitioners. IMSCI 2007 - International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings, 2(4), 228–232. https://iiisci.org/journal/pdv/sci/pdfs/e668ps.pdf

Latif, N. S., & Talib, A. (2021). Development of ethnomathematics e-modules based on local wisdom to improve students’ cultural and civic literacy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 611(ICoESM), 112–120.

Novianti, D. E., & Dewi, N. R. (2022). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach (A study on Regency Local Wisdom). International Conference on …, 142–148. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/view/1741%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/ISET/article/download/1741/1227

Nursyahidah, F., Anindya, F. M., Yulianti, M. A., Prisanto, Z. I., & Rosario, M. A. R. (2025). Integrating Local Wisdom with Technology: Designing Learning Trajectory of Cylinder through Realistic Mathematics Education Approach. Mathematics Education Journal, 19(1), 81–98. https://doi.org/10.22342/jpm.v19i1.pp81-98

Putri, H. R., & Ekawati, R. (2019). The Development Of Mathematics Handout Based On Local Wisdom Nuanced For Secondary Students. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 93. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p93-102

Rachman, A., Hanla, Yochanan, Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Issue January). https://www.researchgate.net/publication/377469385_METODE_PENELITIAN_KUANTITATIF_KUALITATIF_DAN_RD

Samrin, S., Riansyah, F., Patih, T., Tarty, I. P., & Nastiti, D. K. (2023). Enhancing Mathematical Interest and Learning Outcomes: The Lift-the-flap Book Incorporating Tolaki Local Wisdom and Islamic Values. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 8(1), 33–47. https://doi.org/10.24042/tadris.v8i1.14206

Situmorang, R. P., Suwi, E., & Nugroho, F. A. (2019). Contextual Learning: Implementation and Challenges for Science Teacher in Private Middle School. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(1), 26. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i1.3881

Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan paradigma dan penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519

Yuliani, A. M., & Irham, M. (2022). Development of Sumbawa Local Wisdom-Based Mathematics Module. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(1), 151–162. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i1.33166

Published

2025-06-20

How to Cite

Nazwa, N., Surbakti, D. S. K., Gultom, A. U. A., & Mailani, E. (2025). Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual berbasis Kearifan Lokal dalam Matematika: Membangun Identitas Budaya diera Digital . EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 54–68. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66043

Most read articles by the same author(s)