EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTON TERHADAP ANTUSIASME DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI JARING JARING BANGUN RUANG

Authors

  • Nazwa Dewi Tianda Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara, Indonesia
  • Delfi Wulandari Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Lidwina Roulina Turnip Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66075

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar sering menghadapi tantangan ketika menyampaikan konsep abstrak, seperti jaring-jaring bangun ruang. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media konkret berupa karton dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang di kelas 5A SDN 104201 Desa Kolam serta meninjau efektivitas dan respons siswa terhadap pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung terhadap guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media karton mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif, dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Guru juga menghadapi tantangan berupa kurangnya kelengkapan alat dari siswa, namun dapat diatasi dengan dukungan fasilitas sekolah. Pendekatan kontekstual ini dinilai lebih efektif dibandingkan metode ceramah karena memberikan pengalaman langsung yang bermakna bagi siswa. Artikel ini merekomendasikan penggunaan media konkret sebagai strategi pembelajaran matematika yang kreatif dan adaptif di sekolah dasar.

References

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. https://repositori.kemdikbud.go.id

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. https://opac.perpusnas.go.id

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu

Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. https://opac.perpusnas.go.id

Published

2025-06-20

How to Cite

Tianda, N. D., Wulandari, D., Turnip, L. R., & Mailani, E. (2025). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTON TERHADAP ANTUSIASME DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI JARING JARING BANGUN RUANG. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 69–75. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66075

Most read articles by the same author(s)