EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTON TERHADAP ANTUSIASME DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI JARING JARING BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66075Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar sering menghadapi tantangan ketika menyampaikan konsep abstrak, seperti jaring-jaring bangun ruang. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan penerapan media konkret berupa karton dalam pembelajaran jaring-jaring bangun ruang di kelas 5A SDN 104201 Desa Kolam serta meninjau efektivitas dan respons siswa terhadap pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung terhadap guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media karton mampu meningkatkan pemahaman konsep, keterlibatan aktif, dan antusiasme siswa selama proses pembelajaran. Guru juga menghadapi tantangan berupa kurangnya kelengkapan alat dari siswa, namun dapat diatasi dengan dukungan fasilitas sekolah. Pendekatan kontekstual ini dinilai lebih efektif dibandingkan metode ceramah karena memberikan pengalaman langsung yang bermakna bagi siswa. Artikel ini merekomendasikan penggunaan media konkret sebagai strategi pembelajaran matematika yang kreatif dan adaptif di sekolah dasar.References
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. https://repositori.kemdikbud.go.id
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. https://opac.perpusnas.go.id
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu
Sudjana, N. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. https://opac.perpusnas.go.id
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazwa Dewi Tianda, Delfi Wulandari, Lidwina Roulina Turnip, Elvi Mailani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).