Pengembangan Alat Peraga Siklus Makhluk Hidup Pada Pembelajaran Ipas Kelas III Sekolah Dasar T.A 2024/2025

Authors

  • Suci Ramadhani Batubara Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Zainuddin Muchtar Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.68177

Keywords:

Alat Peraga, SIKMAHI, Siklus Makhluk Hidup, IPAS, R&D, ADDIE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menilai kelayakan, kemudahan penggunaan, serta efektivitas media pembelajaran SIKMAHI (Siklus Makhluk Hidup) sebagai sarana untuk ajaran IPAS bagi murid kelas III SD. Latar belakang dari studi ini adalah minimnya minat dan hasil pembelajaran siswa mengenai materi siklus makhluk hidup yang disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan kurangnya media nyata yang dipakai. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas III di SDN 060857 Durung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, serta tes (pretest dan posttest). Hasil validasi dari para ahli materi, ahli media, dan guru menunjukkan bahwa media SIKMAHI dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Uji kemudahan penggunaan mengindikasikan bahwa guru menemukan media ini mudah dan menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil dari pretest dan posttest menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media SIKMAHI efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS, terutama pada materi siklus makhluk hidup. Media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa, memicu minat belajar, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar.

References

Anggraeny, N. A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Di MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber Wonosobo. Jurnal Holistika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.171-177

Arisandi, I. M. A., & D.B. Kt. Ngr. Semara Putra. (2022). Media Permainan Kartu Bergambar Mengenai Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 85–95. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47757

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735

Inesia, I., Utami, S., Amalia, R., Nisa, S. H., & Dalilah, W. K. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka. 2024(16), 157–166.

Kholili, I., & Storm, P. (2024). Assisted Problem Based Learning Mobile Learning Application to Improve Preservice Counselor Problem Solving Skills. 8(2), 199–208.

Rafid, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Malang, 5(259), 1–2. https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/201

Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 23.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141)

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Batubara, S. R., & Muchtar, Z. (2025). Pengembangan Alat Peraga Siklus Makhluk Hidup Pada Pembelajaran Ipas Kelas III Sekolah Dasar T.A 2024/2025. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 502–509. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.68177

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.