Pengembangan Alat Peraga Siklus Makhluk Hidup Pada Pembelajaran Ipas Kelas III Sekolah Dasar T.A 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.68177Keywords:
Alat Peraga, SIKMAHI, Siklus Makhluk Hidup, IPAS, R&D, ADDIEAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menilai kelayakan, kemudahan penggunaan, serta efektivitas media pembelajaran SIKMAHI (Siklus Makhluk Hidup) sebagai sarana untuk ajaran IPAS bagi murid kelas III SD. Latar belakang dari studi ini adalah minimnya minat dan hasil pembelajaran siswa mengenai materi siklus makhluk hidup yang disebabkan oleh metode pengajaran yang monoton dan kurangnya media nyata yang dipakai. Penelitian ini menerapkan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian ini terdiri dari 18 siswa kelas III di SDN 060857 Durung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner, serta tes (pretest dan posttest). Hasil validasi dari para ahli materi, ahli media, dan guru menunjukkan bahwa media SIKMAHI dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Uji kemudahan penggunaan mengindikasikan bahwa guru menemukan media ini mudah dan menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil dari pretest dan posttest menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media SIKMAHI efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS, terutama pada materi siklus makhluk hidup. Media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa, memicu minat belajar, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar.References
Anggraeny, N. A. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Siklus Hidup Hewan Kelas IV Di MI Hamka Muhammadiyah Kalibeber Wonosobo. Jurnal Holistika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24853/holistika.7.2.171-177
Arisandi, I. M. A., & D.B. Kt. Ngr. Semara Putra. (2022). Media Permainan Kartu Bergambar Mengenai Siklus Hidup Hewan Siswa Kelas IV SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 85–95. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.47757
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Inesia, I., Utami, S., Amalia, R., Nisa, S. H., & Dalilah, W. K. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka. 2024(16), 157–166.
Kholili, I., & Storm, P. (2024). Assisted Problem Based Learning Mobile Learning Application to Improve Preservice Counselor Problem Solving Skills. 8(2), 199–208.
Rafid, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Malang, 5(259), 1–2. https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/201
Rahman, R., & Fuad, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar. DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education, 1(1), 75–80. https://doi.org/10.69875/djosse.v1i1.103
Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271
Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 23.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Ramadhani Batubara, Zainuddin Muchtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).