STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERSEPSI PARA PEDAGANG TERHADAP PENGGUNAAN DIGITAL PAYMENT DI PASAR RAYA MMTC MEDAN

Caroline Margaretha Silitonga, Paulus Aganta Tarigan, Shania Karibna Bangun, Shania Amelia Vega

Abstract


Penggunaan aplikasi keuangan, seperti digital payment, semakin populer di era digital saat ini. Dengan peningkatan penggunaan pembayaran digital di era teknologi saat ini, sangat penting bagi pedagang untuk mengetahui bagaimana mereka menerapkan sistem pembayaran digital. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan para pedagang di Pasar Raya MMTC Medan tentang penggunaan pembayaran digital serta seberapa membantu pembayaran digital dalam mengelola transaksi keuangan mereka. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Technology Acceptance Model dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi lapangan. Hasil temuan dari penelitian ini menyatakan jika pedagang di Pasar Raya MMTC Medan menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi digital payment. Sebagian besar partisipan merasa bahwa digital payment berguna untuk membantu transaksi bisnis mereka baik transaksi dengan pelanggan maupun dengan pemasok barang. Cara penggunaannya juga cukup mudah untuk diterapkan pada proses transaksi. Namun hanya Andri selaku penjual kentang yang menjadi partisipan tidak menggunakan aplikasi digital payment karena anggapan pembayaran secara cash lebih mudah diterapkan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/plans.v17i2.53431

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot